9 Tips Bikin Acara Talkshow Kamu Menginspirasi

Kamu mungkin sudah tak asing dengan acara seperti Mata Najwa, Kick Andy, Hitam Putih, Tonight Show, Empat Mata, atau acara dengan konsep serupa lainnya. Yup, acara tersebut merupakan program acara talkshow yang ditayangkan di televisi dengan memiliki audiens yang cukup ‘fanatik’ dan memiliki pangsa-nya tersendiri.

Dengan gaya diskusi dan penyampaian yang relatif informal layaknya berbincang antar kawan, acara dengan konsep ini dapat menjadi alternatif unik untuk mengisi acara event kantor kamu selanjutnya. Apalagi, jika kamu mencoba menghadirkan narasumber yang berkualitas dan mengangkat topik yang menarik serta relevan, konsep acara talk show ini dapat menginspirasi audiens yang hadir, hingga pada akhirnya memberikan dampak yang positif bagi perusahaan.

Gak percaya? Coba deh teman-teman simak beberapa alasan berikut kenapa konsep acara talk show itu dapat menjadi salah satu alternatif pilihan terbaik untuk acara perusahan kamu selanjutnya. Entah itu terbuka untuk publik, atau khusus untuk internal perusahaan sendiri. Entah itu sebagai acara tersendiri, maupun bagian dari rangkaian event perusahaan yang lebih besar.

1. Memberikan motivasi semangat dan inspirasi.

Konsep acara berbentuk Talkshow bisa memberikan motivasi dan semangat kepada audiens melalui kisah inspiratif yang dibagikan. Seperti misalnya, kisah tentang perjalanan perjuangan dari sang narasumber dalam mengatasi berbagai rintangan dan akhirnya mencapai kesuksesan. Jika diadakan sebagai acara perusahaan, bisa saja kamu hadirkan salah seorang karyawan yang telah lama berkarya bagi perusahaan hingga pencapaiannya sekarang, yang memulainya dari jenjang karir terbawah.

2. Mendapatkan Pembelajaran dan Pengetahuan.

Sebuah pameo lama seakan menyiratkan, pengalaman itu mahal. Karena ketika gagal, ada “harga” yang harus dibayar. Melalui konsep acara talkshow, audiens bisa mengambil pelajaran dan wawasan baru, sehingga memperoleh pemahaman yang lebih baik dalam mengatasi tantangan melalui pengalaman orang lain. Bahkan, jika acara talk show yang kamu adakan terdapat sesi tanya jawab, tips praktis yang singkat juga dapat segera ditemukan guna menjadi sumber inspirasi secara cepat.

3. Perasaan Terhubung Ketika menghadiri talkshow.

audiens bisa merasa saling terkoneksi dengan audiens lainnya yang seakan memiliki perjuangan, pemikiran atau impian yang sama. Jika dikaitkan dengan lingkungan perusahaan, hal ini tentunya bisa menciptakan lingkungan yang terasa saling memberikan dukungan satu sama lain.

4. Mendorong Perubahan Yang Positif.

Talkshow yang menginspirasi bisa menjadi salah satu sumber harapan pada saat-saat sulit karena di dalamnya terdapat kisah tentang ketekunan, keberanian, dan kesuksesan yang bisa membantu mengatasi perasaan putus asa. Kisah-kisah yang menginspirasi dapat mendorong audiens untuk membuat perubahan yang lebih baik dalam hidup mereka, karena dapat merangsang pemikiran yang kreatif dan memberikan inspirasi untuk mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi.

Jika dalam perusahaan ada rekan kerja yang agak “berbeda”, bisa jadi acara talk show yang kamu adakan dapat menjadi “AHA” momen bagi dirinya.

 

Lalu, Bagaimana Cara Bikin Acara Talkshow Kamu Bisa Sukses & Menginspirasi?

Nah, untuk membuat acara talkshow yang sukses dan menginspirasi, ada beberapa hal yang perlu kita  perhatikan. Yuk, intip dulu sedikit rahasianya sebagai berikut:

1. Tentukan tujuan dan tema acara

Sebagai langkah awal, pastinya kamu harus menentukan tujuan dari talkshow tersebut. Apakah ditujukan untuk publik, atau khusus internal dan undangan. Jika terkait internal misalnya, apakah acara tersebut ingin memberikan wawasan tentang sebuah informasi terkait perusahaan?, mencoba memotivasi karyawan?, berbagi kisah kesuksesan bersama?, atau membagikan kisah inspiratif dari pemimpin perusahaan.

Atau jika ingin membukanya untuk publik, kamu bisa mengkaitkan tujuan dengan visi misi dari perusahaan kamu. Setelah tujuan diketahui, tentukan juga tema diskusi agar acara bisa berjalan sesuai dengan objektif yang diharapkan.

2. Hadirkan narasumber yang menginspirasi

Pilih narasumber yang bisa memberikan wawasan dan inspirasi yang relevan dengan tema diskusi acara. Narasumber bisa berasal dari pimpinan perusahaan, ahli dalam lingkup industri yang digeluti oleh perusahaan, atau bisa juga tokoh inspiratif lainnya. Bahkan, teman-teman juga bisa kok menghadirkan salah satu karyawan sebagai narasumber. Karena mungkin saja, ada cerita pengalaman berbeda yang layak untuk dibagikan bersama.

Pointnya adalah, jeli untuk melihat cerita atau informasi tersembunyi yang menarik untuk dibagi oleh narasumber. Siapapun mereka.

3. Pilih host yang tepat

Host merupakan faktor penting dalam sebuah talkshow. Pilih host yang dapat menyampaikan pesan dengan jelas dan memiliki otoritas kuat dalam topik yang dibahas. Pastikan juga host bisa membawakan acara menjadi menarik dan tidak kaku, agar alur acara dapat mengalir lancar antar tiap sesinya.

Jika budget terbatas, kamu juga bisa kok memberdayakan rekan kantor untuk berpartisipasi sebagai host.

4. Sesi yang terstruktur dan jelas

Agar efektif, teman-teman bisa membaginya berdasarkan beberapa sesi. Seperti memulainya dengan perkenalan diri dan latar belakang, dilanjutkan dengan diskusi sesuai topik antar host dengan narasumber, lalu kemudian diadakan sesi tanya jawab dengan audiens, dan diakhiri dengan rangkuman dan harapan.

Point utamanya adalah alur dan transisi. Tidak ada orang yang suka hanya duduk diam tanpa ada kejelasan dan ketidakpastian.

5. Siapkan pertanyaan yang menarik

Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memancing narasumber menceritakan kisah dan pengalamannya. Bantu host untuk bertanya pada narasumber, dengan menuliskannya dalam cue card. Teman-teman bisa cari tahu tentang hal-hal unik, kontroversial, atau mendalam tentang topik dan narasumber yang diundang agar ada sesuatu yang baru di acara talkshow kamu.

6. Gunakan media visual pendukung

Media visual seperti slide presentasi, video, atau grafik bisa digunakan untuk mendukung diskusi dan membuat acara lebih menarik. Kamu dapat menampilkannya pada layar LED yang juga berfungsi sebagai background acara. Atau jika anggaran yang dimiliki terbatas, sebuah proyektor ataupun SmartTV mungkin sudah cukup untuk menampilkannya. Tapi ya tentunya kembali lagi disesuaikan dengan skala audiens dan visibilitas yang diinginkan.

7. Pancing audiens agar bisa ikut berinteraktif

Agar acara tidak berjalan monoton satu arah, berikan kesempatan untuk audiens berpartisipasi dengan memberikan pertanyaan atau tanggapan mengenai topik yang dibahas melalui sesi tanya jawab. Host perlu terus memancing dan mengingatkan kepada audiens untuk mempersiapkan pertanyaan sejak awal acara berlangsung.

Jika perlu, pancingan dengan hadiah yang menarik untuk kategori pertanyaan terbaik, dapat “memaksa” audiens yang hadir untuk ikut berpartisi dalam mengajukan pertanyaan.

8. Dokumentasikan dan Bagikan Konten

Merekam dan mendokumentasikan acara talkshow bisa membantu orang yang tidak dapat hadir, untuk bisa melihatnya di lain waktu. Selain itu, gunakan platform online untuk berbagi konten agar bisa digunakan untuk menyebarluaskannya kepada khalayak. Dengan hal tersebut, kita bisa sama-sama mengambil manfaat positif dari acara talkshow yang telah dilaksanakan.

Tapi sebelum menyebarluaskannya, pastikan dahulu tidak ada hal sensitif yang terdapat dalam materi rekaman tersebut. Terkecuali, jika kamu memang mengadakannya untuk publik.

9. Selipkan Sesi Hiburan

Jika waktu acara yang dimiliki cukup panjang, ataupun kamu menginginkan sesuatu yang berbeda dari acara talkshow kamu, kamu juga dapat menyelipkan sesi hiburan dalam rangkaian acara tersebut. Life music secara akustik, stand-up comedy, bahkan sekadar quiz kecil-kecilan dapat menjadi hal yang menarik untuk dilakukan.

 

Dimana Acara Talkshow Dilakukan?

Mengenai lokasi acara talkshow, sepertinya teman-teman tidak perlu bingung. Karena pada prinsipnya acara talkshow bisa dilakukan di berbagai tempat. Tentunya, hal ini tergantung pada latar belakang audiens (publik, udangan atau khusus internal), jenis dan skala acara, maupun nuansa suasana yang diinginkan. Contoh beberapa tempat yang umum digunakan untuk acara talkshow, yaitu:

1. Studio Khusus

Acara talkshow seperti yang ditayangkan di televisi, biasanya direkam dalam studio khusus yang dilengkapi dengan peralatan produksi dan pencahayaan yang diperlukan. Jika kamu bermaksud untuk menyiarkannya secara langsung dan merekamnya, ini adalah pilihan terbaik. Meskipun dengan teknologi event seperti sekarang, kamu bisa menyiapkan sendiri untuk dilakukan di tempat kamu dengan dibantu Event Organizer seperti kami.

2. Teater atau Aula

Tempat ini cocok untuk talkshow dengan audiens yang langsung bertatap muka. Kamu bisa menyediakan panggung sebagai center of view dan lokasi diskusi, serta tak lupa juga sediakan kursi untuk audiens. Jika kamu memiliki hall sendiri, itu bisa lebih baik. Terlebih jika audiens utamanya ialah internal perusahaaan.

3. Ruang Konferensi

Untuk talkshow yang bersifat korporat atau dengan skala yang lebih besar, perusahaan bisa menggunakan ruang konferensi di hotel, pusat konvensi, atau ruang pertemuan lainnya. Jika acara talkshow adalah bagian dari event yang lebih besar, tidak ada salahnya menggunakan panggung yang telah ada sebagai tempat talkshow.

4. Acara Online

Dengan perkembangan teknologi, talkshow dapat dilakukan melalui platform seperti Zoom, Skype, atau platform konferensi video lainnya. Atau jika perusahaan kamu memiliki banyak cabang diseluruh pelosok Indonesia, kamu bisa menggunakan melakukannya secara hybrid di kantor pusat.

5. Outdoor Venue

Untuk memberikan nuansa yang berbeda dan menarik, rasanya sah saja bila talkshow diadakan di luar ruangan, seperti taman, lapangan, atau tempat umum lainnya. Bahkan, jika ditambahkan balutan dekorasi ambiance yang unik dan menarik, acara talkshow kamu bisa semakin keren lho.

Acara Talkshow - IFG Berani Mandiri

 

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Acara Talkshow?

Selain tempat, waktu mengadakan talkshow menjadi hal yang harus dipertimbangkan juga ya. Jangan sampai saat kamu mengadakan acara talkshow, tapi malah mengganggu pekerjaan karyawan yang notabene menjadi target audiens kamu. Waktu terbaik untuk mengadakan event talkshow di perusahaan tergantung pada tujuan, audiens, dan konteks acara. Faktor yang perlu dipertimbangkan mengenai masalah waktu meliputi:

Jadwal Karyawan:

Hindari mengadakan talkshow pada jam sibuk karyawan atau pada hari dengan beban kerja yang tinggi, karena hal tersebut bisa mengganggu pekerjaan karyawan. Menyiapkan waktu khusus pada jam kerja di akhir pekan bisa menjadi salah satu pertimbangan. Jumat siang hingga sore, adalah waktu terbaik.

Tema dan tujuan acara:

Sesuaikan waktu acara dengan tema dan tujuan yang diinginkan. Misalnya, jika acara lebih bersifat motivasional, mungkin sebaiknya dilakukan pada awal bulan untuk memberikan dorongan energi dan semangat positif pada karyawan. Atau bisa juga acara tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun perusahaan. Melalui konsep talkshow ini, karyawan bisa semakin mengenal tentang perusahaan langsung dari para pendirinya. Jauh lebih baik daripada sekadar bercerita dalam panggung monolog.

Pertimbangkan faktor geografis:

Jika perusahaan kamu memiliki cabang di berbagai zona waktu, pertimbangkan untuk mengatur jadwal acara agar target audiens bisa ikut berpartisipasi.

 

Acara yang baik dan berkualitas tentunya dapat memberikan inspirasi kepada audiens setelah menyaksikan acara tersebut. Dengan demikian, membuat acara talkshow yang menginspirasi gak hanya memberikan hiburan, tetapi juga memiliki dampak positif dalam membentuk pikiran, perasaan, dan tindakan audiens. Ketika audiens itu adalah karyawan internal, tentu saja akan berimbas positif bagi perusahaan. Selain itu, talkshow yang menginspirasi bisa membantu mereka mencapai potensi terbaik dalam hidup mereka.

Jika kamu membutuhkan bantuan untuk mengadakan acara talkshow perusahaan ataupun umum, hubungi kami sekarang juga. Dengan pengalaman dan ragam ide yang pernah kami lakukan, membuat acara talkshow kamu selanjutnya semakin seru dan menginspirasi. [TYS]

Happy Workers, Solid Team Work

Duage Team - Corporate Event Organizer

Yuk, segera konsultasikan kebutuhan event kamu dengan kami sekarang. Kapan lagi bisa bikin event buat kantor yang bebas khawatir 🙂

PT. Duage Management Indonesia

Jl. Merak No.19, Perumahan Cipinang Indah, Duren Sawit
Jakarta Timur 13430

Mail : sales@duage.id

Sales : Aditya

0811-1396-626

Get Closer

logo_Instagram

@duage_id

logo_YouTube

@duaGe1

logo_TikTok

@duage_management

CorporateEvent.id adalah bagian dari Duage Management yang berbasis di Jakarta, Indonesia.

Layanan Corporate Event kami mencakup beragam acara perusahaan, dengan jangkauan layanan di seluruh Indonesia.

Log in with your credentials

Forgot your details?