9 Cara Membuat Family Gathering Perusahaan Yang Seru.

Membuat acara Family Gathering Perusahaan yang sukses buat kantor kamu, tentu saja menjadi harapan. Bagaimana tidak. Ketika seluruh mata orang kantor tertuju sama kamu dengan penuh harap, lambat laun tertanam didalam benak bahwa kamu harus sukses dalam melaksanakannya. Bisa menjadi beban jika kamu tidak siap dan tanpa pengalaman, namun dapat menjadi peluang jika kamu berpikir ini adalah sebuah kesempatan.

Dalam artikel ini, kami akan coba membahas mengapa Family Gathering adalah elemen penting dalam budaya perusahaan yang kuat dan bagaimana merencanakannya agar acara berjalan sukses. Karena kini saatnya kamu menjadi company heroes yang tidak hanya menjadikan acara Family Gathering perusahaan kamu sukses, tetapi juga berdampak bagi kemajuan perusahaan.

 

Kenapa perlu membuat Family Gathering?

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif dan serba cepat sekarang, budaya perusahaan yang kuat dan sustainable menjadi hal yang semakin penting. Budaya perusahaan yang kuat akan mencerminkan nilai-nilai, norma, dan etika yang dianut oleh sebuah perusahaan. Dengan budaya perusahaan yang baik, tentunya hal tersebut memiliki dampak besar pada keberhasilan perusahaan tersebut. Hal tersebut selaras dengan survey dari Gallup yang mengatakan bahwa, perusahaan yang karyawannya merasa memiliki keterlibatan tinggi memiliki profitabilitas 21% lebih baik dibandingkan yang tidak.

Nah, salah satu cara yang efektif untuk memperkuat budaya perusahaan yaitu dengan mengadakan acara gathering. Dari beberapa bentuk gathering kantor yang biasa dilaksanakan, seperti Employee Gathering, Customer Gathering, Vendor Gathering, maka acara Family Gathering menjadi salah satu pilihan yang juga sering dilakukan.

Acara Family Gathering Perusahaan adalah acara yang melibatkan karyawan dan keluarga mereka. Tidak seperti Family Gathering biasa yang dilakukan oleh sebuah keluarga besar yang memiliki garis hubungan sedarah ataupun kesamaan lokasi wilayah, Family Gathering Perusahaan difasilitasi oleh perusahaan bagi karyawan dan keluarganya.

Untuk membuatnya, tentu saja perusahaan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, hal ini harus dipandang sebagai sebuah investasi dan momen peluang. Karena di satu sisi, acara ini seharusnya tidak hanya menjadi sekadar hiburan, tetapi dapat juga menjadi alat yang ampuh untuk membangun hubungan kerja, mengingatkan pentingnya  worklife balances, dan pada akhirnya berdampak pada meningkatnya kinerja serta kepuasan karyawan.

 

Apa Saja Manfaat Family Gathering?

Sebelum kita mulai dalam perencanaan, yuk coba kita simak beberapa manfaat dari Family Gathering buat perusahaan kamu. Karena dengan lebih mengenal dan memahami manfaat, maka semakin dalam perspektif kamu  dalam merencanakannya, dan semakin banyak dampak yang dapat kamu capai sebagai imbal balik atas investasi perusahaan. Meski tentunya, jangan lupa bersenang-senang dan menikmatinya.

 

1. Membangun Hubungan yang Lebih Kuat

Family gathering memberikan kesempatan bagi karyawan untuk berinteraksi di luar rutinitas pekerjaan. Dengan mengundang dan melibatkan keluarga mereka, karyawan dapat memperkenalkan anggota keluarganya kepada rekan kerja satu sama lain. Ini membantu menciptakan hubungan yang lebih kuat dan dalam.

Hubungan yang baik antar karyawan tidak hanya membuat tempat kerja lebih menyenangkan, tetapi juga mendorong kerjasama yang lebih efektif. Karena tentu saja, karyawan bekerja untuk keluarga mereka. Menyadari bahwa bekerja tidak hanya untuk diri sendiri, menjadi motivasi positif bagi karyawan untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

2. Mengingatkan Pentingnya Work-Life balances

Dalam era teknologi saat ini yang membuat kita selalu terhubung dengan pekerjaan, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah hal yang langka. Family gathering perusahaan adalah pengingat bahwa selain pekerjaan, ada aspek-aspek penting dalam kehidupan, seperti keluarga dan rekreasi. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan mendorong karyawan untuk menjaga keseimbangan yang sehat antara kehidupan dalam dunia kerja dan kehidupan pribadi mereka. Family Gathering diharapkan bisa “memanusiakan” kembali diri kita sebagai manusia.

 

3. Meningkatkan Semangat dan Kepuasan Karyawan

Family gathering adalah momen yang tentunya ditunggu-tunggu oleh banyak karyawan, karena biasanya acara ini diisi dengan serangkaian aktifitas yang seru dan menyenangkan. Dengan adanya serangkaian aktifitas ini, akan menjadi ajang bagi mereka untuk bersantai dan menikmati waktu bersama di luar lingkungan kerja yang formal.

Dengan memberikan mereka kesempatan untuk me-reset pikiran dan mengembalikan energi positif akan menciptakan semangat kerja. Tingginya semangat kerja akan tercermin dalam peningkatan produktivitas dan kepuasan kerja, yang pada akhirnya hal ini juga dapat menguntungkan perusahaan.

 

4. Meningkatkan Loyalitas dan Retensi Karyawan

Karyawan yang merasa memiliki ikatan yang kuat dengan perusahaan akan lebih cenderung untuk tetap setia pada perusahaan tersebut. Selain itu, memiliki karyawan dengan sikap loyalitas yang tinggi merupakan salah satu aset penting yang dimiliki perusahaan. Dengan mengadakan acara-acara perusahaan yang berkualitas, perusahaan bisa memperkuat ikatan ini.

Di sisi lain, karyawan yang setia pada perusahaan cenderung lebih memiliki produktivitas yang tinggi, sehingga dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan. Mereka yang merasa dihargai dan diperlakukan dengan baik oleh perusahaan akan lebih cenderung untuk tetap tinggal dalam jangka panjang, sehingga kemungkinan kecil mereka akan mencari peluang kerja baru di tempat lain.

 

5. Mendorong Kolaborasi

Dalam sebuah perusahaan seringkali timbul ketidakharmonisan antara divisi satu dengan divisi lain. Untuk memperbaiki situasi tersebut, maka perusahaan perlu mengadakan kegiatan yang membangun hubungan pribadi di luar lingkungan kerja sehingga dapat meningkatkan kolaborasi dalam pekerjaan.

Ketika karyawan merasa nyaman satu sama lain, mereka lebih mungkin untuk berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama dengan efektif. Hal ini bisa berdampak positif pada produktivitas dan hasil kerja perusahaan.

 

Langkah Penting dalam Menyelenggarakan Family Gathering yang sukses

Peserta family gathering perusahaan biasanya melibatkan berbagai pihak, termasuk karyawan perusahaan yang bekerja di perusahaan tersebut. Mereka adalah bagian utama dari peserta dan biasanya diundang untuk bergembira, berpartisipasi dalam aktivitas rangkaian acara, dan bersosialisasi dengan rekan kerja mereka dan keluarga. Merujuk pada namanya, Family Gathering mengajak pasangan dan anak-anak karyawan juga turut berpartisipasi untuk menciptakan suasana yang lebih kekeluargaan. Sehingga ketika berbicara tentang kesuksesan acara ini, salah satu kata kunci yang harus disasar adalah “keterlibatan” dan “partisipasi aktif”.

Family gathering yang sukses memerlukan perencanaan yang matang dan eksekusi yang baik karena untuk menciptakan momen yang berkesan pada sebuah acara adalah tujuan yang ingin dicapai. Kamu bisa melakukan hal-hal berikut agar acara Family Gathering perusahaan bisa berkesan oleh para keluarga yang hadir:

 

1. Tentukan tujuan dan tema acara

Tentukan terlebih dahulu tujuan yang ingin kamu capai dari acara Family Gathering. Ini penting, agar acara yang kamu buat menjadi terarah. Kamu juga bisa merencanakan kegiatan dengan membuat konsep dan tema acara. Putuskan apakah kamu ingin menggunakan konsep acara formal atau informal. Rencanakan berbagai aktivitas yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga, baik dewasa maupun anak-anak. Ini bisa mencakup aktivitas permainan, pertunjukan musik, lomba, dan berbagai kegiatan seru lain yang sesuai untuk berbagai kelompok usia.

 

2. Tetapkan Anggaran

Menetapkan anggaran adalah kunci untuk menentukan banyaknya elemen yang akan digunakan di dalam acara, karena setiap aspek akan dipengaruhi oleh anggaran yang disediakan. Kamu bisa memulai dengan menetapkan anggaran yang realistis untuk acara Family Gathering. Jangan lupa membuat anggaran cadangan untuk situasi yang tak terduga.

 

3. Pilih lokasi dan tanggal

Pemilihan lokasi acara adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi suasana dan jalannya acara yang nantinya akan memberikan pengalaman menarik untuk peserta. Pastikan bahwa lokasi yang dipilih dapat menampung jumlah tamu yang diperkirakan akan hadir, agar tamu merasa nyaman. Periksa juga faktor jarak dan arus lalu lintasnya untuk menghindari kemacetan dan masalah keamanannya.

Selain itu, waktu yang tepat untuk mengadakan family gathering perusahaan dapat barvariasi sesuai tujuan ataupun kebutuhan. Namun, beberapa momen yang tepat untuk mengadakan acara ini, antara lain pada akhir tahun atau awal tahun baru, ataupun bisa juga pada saat perayaan ulang tahun perusahaan. Sebaiknya, mulailah merencanakan family gathering ini jauh-jauh hari. Pastikan tanggal dan waktu yang dipilih tidak bertabrakan dengan jadwal karyawan, sehingga mayoritas karyawan bisa hadir mengikuti acara.

 

4. Tentukan menu hidangan

Salah satu aspek penting lainnya dalam perencanaan acara yaitu hidangan makanan. Pertimbangkan ragam makanan dan minuman yang akan disajikan. Pastikan ada pilihan makanan yang mencakup preferensi peserta, seperti menu hidangan untuk vegetarian atau peserta dengan kebutuhan khusus, sehingga hidangan bisa dinikmati oleh mayoritas peserta.

Berkaitan dengan makanan untuk gathering, satu hal yang tidak bisa dipisahkan adalah saat memesan katering. Pastikan kamu memilih vendor katering yang menawarkan harga bersaing/terjangkau yang bisa disesuaikan dengan budget perusahaan. Pilih juga jasa katering yang bisa delivery order agar tidak repot saat mengambil makanan dan lokasi yang dekat dengan acara agar biaya ongkir tidak mahal. Perhatikan juga nutrisi dan kehigienisan makanan.

 

5. Buat kegiatan atau aktivitas yang unik dan seru

Makanan dan minuman gratis di sebuah acara akan sangat membantu untuk membuat peserta senang. Namun, kamu dapat lebih menjadikan acara tersebut sebagai hari yang tidak terlupakan dengan membuat kegiatan atau aktifitas permainan yang menarik dan berkesan, agar event perusahaan kamu menjadi lebih seru. Penting untuk menciptakan suasana yang nyaman di family gathering. Pastikan semua anggota keluarga terlibat dan merasa diterima. Hindari aktifitas atau materi yang mungkin membuat beberapa tamu merasa terpinggirkan atau tidak nyaman. Sekali lagi kuncinya adalah “keterlibatan”

 

Game Family Gathering

 

Acara Family Gathering yang dilakukan secara santai dan informal dapat membuat karyawan saling berinteraksi dengan cara yang berbeda dari lingkungan kerja sehari-hari. Hal ini disebabkan karena aktifitas di dalamnya mengharuskan peserta untuk berinteraksi dan bekerja sama.

Hal yang terpenting dari family gathering perusahaan beserta keluarga adalah semua orang bisa bersenang-senang. Acara ini memungkinkan  setiap orang untuk me-refresh pikiran mereka dan melupakan sejenak tekanan dalam pekerjaan. Pastikan untuk menciptakan suasana yang menghibur dan menyenangkan dengan menyediakan aktifitas permainan yang bisa membangun kerja sama tim. Beberapa games kreatif yang bisa kamu terapkan selama family gathering, misalnya:

 

  • Balapan Gerobak Keluarga : Permainan sederhana ini sangat kompetitif karena membutuhkan kerjasama tim sebagai keluarga. Satu pemain sebagai pengemudi dan lainnya adalah gerobak dorong. Pengemudi memegang pergelangan kaki pemain, sedangkan pemain lainnya berjalan dengan tangan menuju garis finish. Ditambahkan dengan debrief singkat yang digali oleh seorang MC ataupun game master, peserta keluarga akan lebih mudah memahami tentang pentingnya kerjasama sebagai sebuah tim, baik didalam keluarga maupun sebagai kesatuan perusahaan.
  • Permainan tebakan “Who Am I?” dengan keluarga : Ini jenis permainan yang bisa dimainkan oleh tim yang terdiri dari anggota keluarga. Permainan menebak ini sangat cocok untuk segala usia. Cara bermainnya cukup sederhana, dengan menebak kata (misa : nama anggota keluarga) yang disematkan di dahi salah satu pemain dan pemain harus menebak dengan mengajukan pertanyaan. Permainan sederhana yang mengingatkan pentingnya nilai komunikasi yang baik bagi peserta.
  • Team building Keluarga: Bentuk aktivitas team building juga dapat menjadi pilihan. Namun tentunya, harus disesuaikan dengan demografi peserta dan faktor keamanan. Pastikan semua peserta untuk terlibat dalam satu bentuk kegiatan, atau dapat juga menyiapkan area dan aktivitas khusus untuk kelompok tertentu. Misal, menyiapkan kids area dengan aneka permainan yang disesuaikan untuk mereka.

6. Persiapkan fotografer

Dalam Family Gathering, ada banyak peluang untuk menciptakan kenangan manis yang dapat membawa keceriaan dan solidaritas di antara anggota tim dan keluarga mereka. Dengan menghadirkan fotografer yang jeli memanfaatkan banyak  momen seru, sehingga peserta tidak perlu repot-repot untuk  dapat mengabadikan momen dalam acara, dan dapat fokus menikmati jalannya acara. Foto dengan teknik pengambilan gambar yang pas akan membuat kesan memorable dan menarik saat kita melihat kembali foto tersebut.

 

7. Berikan hadiah dan souvenir.

Hadiah dan merchandise untuk acara dapat beragam, tergantung pada anggaran, tema acara, dan preferensi peserta. Berikut beberapa inspirasi hadiah dan kenang-kenangan yang dapat kamu pertimbangkan:

  • Souvenir dengan logo perusahaan. Cetak souvenir seperti gelas, mug, kaos, payung lipat, buku notes, atau tas dengan logo perusahaan yang dipesan khusus sebagai kenang-kenangan dari acara.
  • Album Foto dan Buku Kenangan: Mengabadikan momen ternyata sangat penting. Sebuah foto memiliki kemampuan untuk menceritakan peristiwa dengan real dan apa adanya. Buatlah album foto dan buku kenangan yang bisa dilihat berulang kali.

 

8. Berkolaborasi dengan Divisi Lain

Demi mencapai kesuksesan acara, pastikan untuk melibatkan semua divisi dalam acara family gathering. Jangan ada yang merasa terpinggirkan atau tidak diundang. Kamu bisa membuat survei atau poling untuk mengetahui keinginan karyawan tentang kegiatan yang ingin dilakukan atau mungkin tempat yang ingin dikunjungi. Akui dan hargai upaya mereka yang telah membantu mengorganisir acara. Ini bisa mencakup penghargaan khusus, ataupun sekedar slot ruang sambutan di dalam acara.

 

9. Evaluasi Pasca Acara

Nah, setelah acara selesai, jangan lupa untuk melakukan evaluasi pasca-acara ya. Dengan mendengarkan umpan balik dari karyawan dan keluarga mereka, perusahaan dapat memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki untuk acara berikutnya. Hal ini juga membantu memperbaiki dan meningkatkan pelaksanaan family gathering selanjutya.

 

Kesimpulan

Family gathering adalah salah satu cara yang efektif untuk memperkuat budaya perusahaan. Ini bukan hanya acara sosial semata, tetapi juga merupakan investasi dalam hubungan karyawan, work-Life balances, dan peningkatan produktivitas perusahaan.

Dengan perencanaan yang matang dan eksekusi yang tepat, gathering keluarga dapat menjadi momen berharga yang membantu perusahaan menciptakan budaya yang inklusif, positif, dan sustainable. Dalam bisnis yang ketat dan penuh persaingan, perusahaan yang menghargai karyawan dan keluarga mereka, memiliki keunggulan yang jelas dalam mencapai keberhasilan jangka panjang.

Butuh event organizer corporate untuk membantu mengadakan Family Gathering perusahaan buat kantor kamu?, kontak saja Duage sekarang. Diskusikan dengan kami untuk mendapatkan ide segar untuk event kamu selanjutnya yang lebih unik dan seru!!

Happy Worker, Solid Team Work

Duage Team - Corporate Event Organizer

Yuk, segera konsultasikan kebutuhan event kamu dengan kami sekarang. Kapan lagi bisa bikin event buat kantor yang bebas khawatir 🙂

PT. Duage Management Indonesia

Jl. Merak No.19, Perumahan Cipinang Indah, Duren Sawit
Jakarta Timur 13430

Mail : sales@duage.id

Sales : Aditya

0811-1396-626

Get Closer

logo_Instagram

@duage_event

logo_YouTube

@duaGe1

logo_TikTok

@duage_management

CorporateEvent.id adalah bagian dari Duage Management yang berbasis di Jakarta, Indonesia.

Layanan Corporate Event kami mencakup beragam acara perusahaan, dengan jangkauan layanan di seluruh Indonesia.

Log in with your credentials

Forgot your details?