18 Ide Merchandise Event Perusahaan Keren

Merchandise Event

Siapa yang tidak suka jika menghadiri sebuah acara, eh pulang-pulang ngantongin merchandise dari event  yang dihadiri.. Alih-alih males hadir, malah jadi semangat dong untuk datang ke acara. Tentunya hal tersebut bisa menjadi perhatian tersendiri nih buat penyelenggara. Sebab, menyelenggarakan sebuah acara, rasanya kurang lengkap tanpa adanya merchandise. Karena bisa jadi, ada yang sengaja datang event hanya untuk berburu merchandise-nya.

Apa itu kamu? Iyaa.. kamuuu (intonasi Dodit)

Sebelum kami paparkan lebih jauh tentang merchandise event, coba kita telaah sedikit tentang dunia merchandise. Agar nantinya kamu tidak sekedar mencari bentuknya saja, tetapi dapat memahami kenapa pilih ini dan apa tujuannya memilih yang itu.

Jika merasa artikel ini terlalu panjang dan kamu hanya membutuhkan ide, kamu bisa langsung ke bagian ide merchandise dibawah. Karena artikel ini, selain kami buat untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kami dalam mengelola event perusahaan tentu dengan penyediaan merchandisenya, kami memang sengaja menguraikannya secara lengkap agar menang dalam persaingan SEO Google yang membawa kamu ke halaman ini. Harapannya sih, kamu dapat mempertimbangkan dalam menggunakan jasa corporate event organizer yang kami miliki. 🙂

Lanjut..

 Apa sih merchandise itu?

Tentunya kita sudah sering mendengar kata merchandise. Merchandise merupakan produk atau barang-barang yang diproduksi atau disediakan, gratis ataupun berbayar, sebagai bagian dari strategi pemasaran dan branding suatu perusahaan dalam suatu perhelatan acara tertentu. Setidaknya itulah definisi yang dapat kami simpulkan dari banyak literatur yang bertebaran.

Dari definisi diatas, terdapat dua kata kunci yang penting untuk diperhatikan. Yaitu : produk/barang dan strategi. Alhasil, jika dikaitkan dengan event perusahaan,  merchandise itu tidak sekadar berbagi barang, tetapi merupakan salah satu strategi komunikasi terkait pemasaran maupun merk/identitas perusahaan. Sehingga, dasar pemikiran yang perlu dibangun ialah, merchandise adalah investasi, bukan cost.

Fungsi merchandise Event

Dengan adanya merchandise, tentunya bisa membuat acara perusahaan menjadi lebih berkesan dan profesional. Apalagi, saat ini pilihannya semakin beragam dan memiliki nilainya masing-masing. Bagi pelaku bisnis, merchandise memiliki fungsi penting dalam strategi pemasaran untuk sebuah merek suatu perusahaan. Selain sebagai ajang promosi sebuah produk, merchandise juga memiliki fungsi lain. Berikut beberapa fungsi dari merchandise:

  1. Sarana Branding

Merchandise event yang selain terdapat nama event juga terdapat logo dan pesan perusahaan, dapat membantu memperkuat brand awareness. Karena saat orang-orang menggunakan merchandise tersebut akan meningkatkan visibilitas dan mengingatkan mereka tentang perusahaan kamu. Bayangkan, perusahaan kamu seakan memiliki “iklan” berjalan setiap hari, dimanapun dan kapanpun.

  1. Memperluas jangkauan bisnis

Barang merchandise yang bisa digunakan sehari-hari tentunya berpotensi untuk menambah jaringan bagi perusahaan, karena siapapun yang melihat barang tersebut kemungkinan akan menjadi konsumen nantinya.

  1. Sebagai bentuk apresiasi

Memberikan merchandise sebagai hadiah atau insentif kepada karyawan, pelanggan setia, atau mitra bisnis dapat meningkatkan motivasi dan loyalitas mereka terhadap perusahaan. Selain itu, pemberian merchandise dalam suatu acara juga merupakan bentuk ucapan terima kasih karena telah menghadiri acara.

  1. Pembeda produk

Dengan memiliki ciri khas seperti logo, icon atau apapun yang membedakan produk kamu dengan kompetitor lain, maka brand kamu akan lebih mudah dikenali karena tidak terlihat sama atau mirip dengan kompetitor.

  1. Riset Perusahaan

Perusahaan juga kerap menggunakan produk merchandise sebagai bahan keperluan riset tentang produk atau brand yang baru launching.

 

Tujuan merchandise

1.  Memperkuat Identitas Perusahaan

Kekuatan merchandise dalam suatu acara tidak bisa dianggap sepele. Merchandise yang terdapat logo perusahaan tentunya dapat meningkatkan kesadaran merk dan memperkuat identitas perusahaan.

2. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Dengan pemberian merchandise yang bermanfaat, karyawan akan merasa nyata dihargai dan terasa nyata telah terlibat dalam perjalanan perusahaan. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

3. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Pemberian merchandise kepada pelanggan dalam acara promosi atau perayaan khusus dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap merk.

4. Memperingati Acara Khusus

Kehadiran merchandise event dalam acara-acara tertentu dapat menjadi sarana komunikasi simbolik dalam mengingat momen khusus bagi audiens yang hadir. Entah itu momen merayakan prestasi, atau untuk membangun semangat positif di lingkungan

5. Meningkatkan Kesan Positif

Merchandise yang berkualitas dan bermanfaat dapat memberikan kesan positif kepada si penerima yang nantinya dapat meningkatkan persepsi mereka terhadap perusahaan. Simplenya, berikanlah yang terbaik agar dipandang baik.

 

Manfaat merchandise

Untuk mempromosikan suatu produk, merk, atau bisnis memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan menghadirkan merchandise event ini sebagai salah satu faktor pendukung kesuksesan acara.

Meski sering kali hanya dianggap sebagai souvenir atau kenang-kenangan, merchandise event memiliki manfaat yang lebih luas bagi perusahaan. Terlebih jika ingin membuat pemasaran produk dan branding perusahaan menjadi lebih baik.

Berikut beberapa manfaat yang dapat diambil dengan kehadiran merchandise dalam sebuah acara:

  1. Pengenalan nama merk atau perusahaan

Memberikan merchandise kepada peserta event dapat membantu dalam memperkenalkan merk perusahaan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

  1. Promosi jangka panjang

Dibanding memasang iklan di media konvensional seperti koran dan media online yang masa berlakunya terbatas, promosi lebih efektif jika menggunakan barang atau produk. Selama produk merchandise digunakan, audiens akan terus mengingat brand perusahaan kamu. Seperti yang telah kami sampaikan diatas, bayangkan, perusahaan kamu seakan memiliki “iklan” berjalan setiap hari, dimanapun dan kapanpun.

  1. Pendapatan Tambahan

Penjualan merchandise juga dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi perusahaan, terutama jika merchandise tersebut banyak diminati oleh peserta di luar event. Tapi tentunya, terdapat beberapa kriteria khusus yang perlu dipenuhi agar hal ini dapat terwujud. Selain kualitas, diperlukan juga faktor keunikan dan faktor kelangkaan yang pada akhirnya memicu pembelian.

  1. Peningkatan Loyalitas

Memberikan merchandise kepada karyawan dapat meningkatkan rasa loyalitas mereka terhadap perusahaan. Hal ini karena mereka merasa dihargai dan diberi perhatian khusus oleh perusahaan.

  1. Memori yang Berkesan

Merchandise yang unik atau bermanfaat dapat meninggalkan kesan yang mendalam pada peserta event, sehingga mereka lebih cenderung mengingat dan kemungkinan besar akan rindu kembali dengan momen yang dilewati di masa mendatang.

 

Tips memilih merchandise Event

Sebagai bagian dari strategi pemasaran suatu produk, memilih merchandise yang tepat bisa menjadi kunci kesuksesan dalam mencapai tujuan pemasaran dan branding perusahaan. Berikut beberapa tips yang bisa membantu kamu memilih merchandise yang tepat:

1. Ketahui profil penerima merchandise event

Mengenal profil audiens sangat penting saat merencanakan strategi merchandise. Memahami preferensi dan kebutuhan audiens dapat membantu kamu memilih produk yang lebih relevan.

2. Relevansi dengan acara

Pastikan produk yang kamu pilih relevan dengan tujuan dan tema acara. Jika dapat mencerminkan pesan atau tema dari acara, merchandise dapat meningkatkan dampak positif bagi keberlangsungan pemasaran produk.

3. Ketahui kualitas

Saat mencoba mencari ide merchandise, pilih produk dengan kualitas yang baik. Hindari godaan untuk langsung memilih vendor yang menawarkan harga terendah, karena kualitas merchandise kamu bisa berdampak pada kepuasaan penerima. Jadi pastikan untuk memilih produk yang berkualitas agar bisa digunakan dengan baik oleh penerima ya!

4. Fungsionalitas

Memilih merchandise yang memiliki fungsionalitas dalam kehidupan sehari-hari bukan ide yang buruk. Barang tersebut memiliki nilai tambah, karena bisa digunakan oleh penerima secara reguler, seperti tas, tumbler, power bank, atau yang lainnya.

5. Desain menarik

Buat desain merchandise yang menarik dan mencolok, tetapi sesuai dengan identitas merk perusahaan. Pastikan logo dan pesan merk tersebut dapat terlihat jelas pada merchandise. Sebab, desain yang bagus akan membuat merchandise lebih menarik dan membuat peserta lebih banyak menggunakannya.

6. Pilih warna yang tepat

Warna pada merchandise sebaiknya sejalan dengan identitas merk perusahaan. Kamu bisa memilih warna yang menarik dan mudah diingat.

7. Ukuran beragam

Jika kamu memilih produk tekstil seperti kaos, jaket, atau hoodie pastikan memiliki pilihan yang bergam agar bisa menyesuaikan dengan berbagai bentuk tubuh audiens. Ini memastikan bahwa semua peserta acara bisa menikmati merchandise yang ada. Jika acara perusahaan kamu untuk internal, tentunya akan lebih mudah dalam menyediakannya. Karena kamu memiliki data calon audiens yang akan hadir nantinya.

8. Pertimbangkan lingkungan

Pilih merchandise yang ramah lingkungan jika mungkin. Bahan yang dapat didaur ulang atau produk yang mendukung inisiatif lingkungan bisa meningkatkan citra positif perusahaan.

9. Daya tahan

Merchandise yang memiliki daya tahan baik akan membuka kemungkinan bisa dipakai dalam waktu yang lama. Ini memastikan bahwa merk perusahaan kamu tetap terlihat dan diingat dalam jangka waktu yang lama.

10. Harga bersaing

Sesuaikan budget kamu dengan memilih produk yang memberikan nilai yang baik. Pertimbangkan apakah biaya tersebut sebanding dengan manfaat dan dampak dari pemasaran yang diharapkan.

 

Rekomendasi merchandise

Setelah mempertimbangkan beberapa hal di atas, tentunya kamu sudah mempunyai gambaran untuk memilih merchandise event apa yang relevan dengan acara kantor kamu dong? Nah, berikut ini kami punya beberapa rekomendasi merchandise yang bisa kamu sesuaikan.

1. Mug atau Tumbler

Barang ini sangat efektif untuk memperkuat strategi promosi perusahaan. Biasanya sering dijadikan merchandise event, karena bisa dipesan sesuai keinginan dengan nama acara dan logo perusahaan. Selain itu, disamping memang biasa digunakan oleh karyawan dalam kerja keseharian, beberapa orang ada yang menjadikan mug sebagai koleksi lho..

2. Kaos atau T-Shirt

Salah satu ide merchandise ini bisa juga kamu pilih, sebab perusahaan bisa membuat desain sesuai dengan tema acara kantor yang diselenggarakan. Barang satu ini bisa menjadi ajang media promosi terbaik. Selain pembuatannya yang murah dan terjangkau untuk dibeli, peserta bisa memakainya langsung bahkan pasca acara. Jika event kamu keren dan memiliki desain yang unik, t-shirt yang kamu buat dapat menjadi simbol ikonik yang menjadi koleksi buruan.

3. Jaket / Hoodie

Barang ini memiliki fungsi yang sama dengan kaos atau T-Shirt, hanya saja harganya yang cenderung lebih mahal. Meski begitu, jaket / hoodie dengan desain dan tampilan yang unik, akan sukses membuat pemakainya seperti ‘papan reklame berjalan’, sehingga akan memaksimalkan strategi pemasaran.

4. Tas

Banyak pilihan tas yang bisa kamu jadikan merchandise kantor, mulai dari tas ransel, tas laptop, tote bag, pouch bag, dan lainnya. Melalui merchandise ini, perusahaan bisa mempromosikan suatu produk dengan mencetak atau menyablon logo perusahaan.

5. Topi

Penutup kepala ini juga sering dijadikan merchandise kantor yang banyak digunakan. Dengan desain yang beragam, topi bisa digunakan sebagai media promosi yang efektif, karena bisa dijadikan seragam staf sehari-hari.

6. Payung

Alat pelindung dari cuaca ini bisa menjadi merchandise yang unik, karena memiliki nilai dan fungsi. Perusahaan bisa menyediakan payung sebagai merchandise ketika pelanggan melakukan pembelian. Tentunya ini akan menarik minat pelanggan.

7. Flashdisk

Keberadaan Flashdisk tergolong penting bagi para pekerja kantoran karena bisa menyimpan file. Banyak perusahaan menjadikan flashdisk sebagai merchandise unik perusahaan, karena sangat dibutuhkan karyawan kantoran.

8. Powerbank

Merchandise ini sekarang banyak diminati karena fungsional dan kekinian. Barang elektronik ini sangat dibutuhkan banyak orang untuk mengisi daya baterai ponsel jika sudah habis. Kamu bisa pilih powerbank sebagai merchandise event yang eksklusif untuk acara kantor kamu.

9. Speaker bluetooth mini

Barang kecil ini memudahkan para penggemar musik untuk bisa menikmati musik di mana saja. Bentuknya yang mungil memudahkan para penggunanya untuk membawanya tanpa kerepotan. Speaker bluetooth bisa kamu jadikan salah satu ide merchandise yang pasti akan berkesan bagi audiens kamu.

10. Kalender Meja

Kalender membantu karyawan dalam melihat tanggal. Dalam jenisnya, ada kalender meja dan kalender dinding. Keduanya sama-sama bermanfaat, namun karyawan kantoran biasanya memilih kalender meja. Merchandise unik ini lebih tepat diberikan saat mau pergantian tahun atau awal tahun.

11. Jam Meja

Selain memiliki fungsi utama sebagai penunjuk waktu, jam meja juga bisa dijadikan media efektif untuk merchandise acara kantor. Barang ini lebih terasa unik dari sisi bentuk, model, dan ukuran yang bisa di custome sesuai keinginan kamu. Cukup letakkan di meja, maka bisa menjadi pendamping bekerja di kantor.

12. Pulpen

Alat tulis ini menjadi perlengkapan umum yang digunakan untuk acara kantor atau seminar. Dengan membubuhi logo dan nama perusahaan, barang mungil ini bisa meningkatkan kesadaran merk perusahaan dan mempeluas jangkauan pemasaran.

13. Note book

Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, buku ini praktis untuk dibawa-bawa. Merchandise ini bisa menjadi opsi terbaik, meski di jaman yang sudah canggih sekarang masih banyak orang yang membutuhkan buku kecil ini.

14. Card Holder

Saat ini, card holder sangatlah berguna untuk menyimpan KTP, ATM, SIM, STNK, dan sebagainya. Agar terkesan premium, pilih card holder dari bahan kulit dengan model yang kekinian. Atau bisa juga gunakan bahan metal dengan laser grafir di permukannya. Keren sumpah.

15. Gantungan kunci

Harga pembuatan gantungan kunci bisa terbilang murah dibanding merchandise event yang lain. Perusahaan bisa mencetak nama logo dan brandnya, sehingga bisa membuat penerima mengingat siapa pemberinya. Gantungan kunci bisa menjangkau merek perusahaan dengan budget yang cukup hemat.

16. Pin

Salah satu merchandise event dengan harga murah yang bisa dijadikan merchandise adalah pin. Kamu bisa memilih dengan desain, model, dan ukuran yang beragam. Sesuaikan dengan budget kamu ya!

17. Perlengkapan olahraga

Merchandise ini bisa kamu berikan jika target audiens kamu adalah para penggemar olahraga kebugaran. Lebih oke lagi, jika acara kamu mengusung konsep sport seperti Fun Run misalnya. Pilihan seperti jersey, handuk olahraga, kaos kaki olahraga, matras yoga, dan botol air minum tentunya dapat memenuhi kebutuhan penggemar olahraga kebugaran dan menciptakan koneksi dan loyalitas terhadap merek perusahaan kamu.

 

18. Coorporate Gift Set

Jika punya budget yang agak lumayan, kamu bisa memilih corporate gift set sebagai merchandise event kantor kamu. Hampers mini dengan isi jurnal agenda, pulpen, flashdisk, tumbler, hingga seminar kit bisa kamu berikan kepada orang-orang penting, seperti rekan bisnis, mitra kerja, atau investor saat mereka hadir pada acara kantor.

 

Kesimpulan

Kehadiran merchandise event memang menjadi hal yang penting sebagai pelengkap sebuah acara. Dengan berbagai macam pilihan, merchandise dapat membuat acara yang diselenggarakan menjadi tidak terlupakan. Hal ini tentunya dapat meninggalkan kesan yang baik bagi para peserta acara.

Meskipun tampak seperti bagian kecil dari acara, tetapi kehadiran merchandise memiliki kemampuan untuk menyatukan semuanya secara signifikan.

Produk-produk kebutuhan sehari-hari, perlengkapan saat bekerja, atau kebutuhan gaya hidup merupakan produk yang bisa digunakan sebagai merchandise. Terlebih, merchandise-merchandise tersebut disesuaikan dengan nama perusahaan atau peserta. Pasti akan menimbulkan interaksi yang benar-benar istimewa dan berkesan.

Merchanside yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan target audiens, anggaran, dan juga kebutuhan agar  tujuan utama bisa terpenuhi.

Membuat merchandise event yang sesuai dengan target audiens memastikan bahwa barang promosi kamu akan dihargai, digunakan, dan berfungsi sebagai dukungan implisit namun kuat terhadap brand perusahaan kamu.

Sebaiknya merancang merchandise harus jauh-jauh hari agar menghasilkan media promosi yang menarik dan berkualitas, sehingga banyak oang ingin menggunakan dan membantu merekomendasikan brand kepada orang lain.

Peronalisasi bisa menjadi kunci utama dalam merencanakan merchandise. Dengan kemajuan teknologi yang memungkinkan penyesuaian cepat dan langsung di tempat, merchandise event yang dipersonalisasi menjadi pemain kunci karena dapat menciptakan pengalaman yang unik bagi peserta.

Bukankah itu menjadi barometer kesuksesan acara jika peserta pulang dengan hati gembira dan membawa sejuta kenangan? [TYS]

Happy Worker, Solid Team Work

Duage Team - Corporate Event Organizer

Yuk, segera konsultasikan kebutuhan event kamu dengan kami sekarang. Kapan lagi bisa bikin event buat kantor yang bebas khawatir 🙂

PT. Duage Management Indonesia

Jl. Merak No.19, Perumahan Cipinang Indah, Duren Sawit
Jakarta Timur 13430

Mail : admin@duage.id

Sales : Aditya

0811-1396-626

Get Closer

logo_Instagram

@duage_id

logo_YouTube

@duaGe1

logo_TikTok

@duage_management

CorporateEvent.id adalah bagian dari Duage Management yang berbasis di Jakarta, Indonesia.

Layanan Corporate Event Organizer kami mencakup beragam acara perusahaan, dengan jangkauan layanan di seluruh Indonesia.

Log in with your credentials

Forgot your details?